10 Cara Cepat Mengatasi HP Android Lemot, Biar kenceng Parah

Cara Cepat Mengatasi HP Android Lemot
[Sumber : Pexels]

Halo teman-teman kali ini nyaricuan akan membahas cara mengatasi hp lemot, sebenarnya pada saat ini hp android sudah di bekali dengan spesifikasi yang tinggi jadi mungkin pada saat ini sudah jarang hp android yang lemot. Tetapi ada juga orang yang masih menggunakan hp android yang memiliki spesifikasi rendah yang memungkinkan hp mereka menjadi lemot. Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan bukan ? 


Mungkin yang saya katakan tadi hp android lemot karena spesifikasi rendah tetapi bukan hanya semata-mata itu saja. Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hp lemot seperti cara kamu merawatnya atau memakainya. Nah agar kamu semakin nyaman menggunakan hp android disini nyaricuan akan memberikan cara mengatasinya.


Penyebab HP Android Menjadi Lemot

Tetapi sebelum masuk ke cara mengatasi disini nyaricuan akan menjelaskan penyebab hp android menjadi lemot. 

1. Banyak Aplikasi Yang Terinstal Di HP Kalian

Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi ke hp kalian karena hal ini menyebabkan hp kalian menjadi lemot. Gunakanlah aplikasi yang menurut kalian berguna saja. 

2. Menggunakan Antivirus Lebih Dari Satu

penggunaan antivirus memang sangat dianjurkan tetapi dengan memasang antivirus berlebihan akan memungkinkan kinerja ram kalian bertambah hal ini pun yang membuat hp kalian menjadi lemot

3. File Cache Menumpuk

File cache menumpuk bisa juga membuat hp kalian menjadi lemot. Karena file cache yang menumpuk bisa mempengaruhi kinerja hp kalian. Jika semakin menumpuk alhasil hp android kalian menjadi lemot.

4. Memori Internal Penuh

Untuk membuat kinerja hp kalian bagus maka dibutuhkan ruang yang banyak. Apabila memori internal kalian penuh maka hp android kalian akan menjadi lemot. Saat memori internal penuh banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berada di hp kalian kesulitan untuk menyimpan datanya 

Nah sebenarnya masih banyak sekali faktor penyebabnya tetapi yang paling sering membuat hp kalian lemot adalah hal yang saya sampaikan tadi. Oke kemudian sekarang kita masuk ke pembahasan cara mengatasi hp android lemot. 

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Nah setelah kalian tadi mengetahui penyebabnya sekarang kita masuk ke bagian mengatasinya. Oke langsung simak penjelasannya berikut ini :

1. Hapus Aplikasi Yang Jarang Di Pakai

Menghapus aplikasi yang jarang dipakai bisa membuat hp kalian lebih cepat. Karena dengan menghapusnya maka penyimpanan memori hp kalian akan menjadi lebih banyak. Tetapi jika kalian tidak ingin lemot maka disarankan untuk membeli hp android yang memiliki spesifikasi penyimpanan memori yang besar. apabila kalian tidak memiliki budget yang besar maka kalian harus mengikuti saran yang saya berikan. 

2. Pasang Antivirus Satu Saja

Biasanya orang berpikir bahwa dengan memasang antivirus lebih dari satu itu bagus. Tetapi apakah kalian tahu bahwa dengan memasang antivirus lebih dari satu itu akan membuat kinerja hp kalian menjadi lemot. Karena 1 antivirus saja sudah banyak memakan ruang penyimpanan. Oleh karena itu saya sarankan untuk menggunakan 1 antivirus yang menurut kalian baik saja. 

3. Perhatikan Jumlah Penyimpanan HP Kalian

Banyak orang yang mengabaikan penyimpanan hp mereka, mereka tidak tahu bahwa hp mereka memiliki spesifikasi yang rendah. Bahkan mereka dengan seenaknya mendownload aplikasi dan menyimpan ribuan foto tanpa melihat penyimpanannya.  Maka dari itu coba kalian cek apakah sudah penuh atau belum. kalo sudah penuh maka kalian harus menghapus file-file yang menurut kalian tidak penting, dengan ini kalian bisa mengantisipasi hp android kalian agar tidak lemot.

4. Update Aplikasi !

Setiap ada update aplikasi, maka segeralah untuk melakukan update. Hal ini bertujuan agar aplikasi kalian bekerja dengan baik. Hal itu dapat meng antisipasi kinerja hp kalian yang lemot. Karena biasanya aplikasi android yang belum di update akan memiliki banyak sekali error atau kesalahan yang mana akan memberi dampak buruk pada kinerja hp kalian. Luangkan waktu dan kuota kalian untuk melakukan update ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Hilangkan Widget Yang Tidak Perlu

Widget memang mempercantik tampilan android kalian, tetapi kalian tau gak sebenarnya widget itu banyak sekali memakan penyimpanan ram kalian. Oleh karena maka saya sarankan untuk menghilangkan widget-widget yang tidak perlu agar kinerja hp kalian menjadi lebih baik. 

6. Hapus Atau Hilangkan Animasi Android Kalian

Cara ini bisa dibilang sederhana tapi efektif kalian hanya menghilangkan animasi android kalian dengan cara  masuk ke menu Setting > Developer Options lalu ubah nilai Windows animation scale, serta Animation duration scale ke nilai terendah, atau lebih baik hilangkan saja.

7. Gunakan Aplikasi Multifungsi 

Cobalah kalian menggunakan aplikasi yang bisa melakukan segala hal contohnya seperti Clean Master aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan file sampah, scan hp kalian dari virus, mengoptimalkan baterai hp kalian dan masih banyak lagi. Maka dari itu bijak lah dalam memilih aplikasi.

8. Pastikan SD Card Bekerja Dengan Baik

Coba kalian cek apakah memori eksternal kalian bekerja dengan baik atau tidak. Banyak sekali orang tidak sadar bahwa sd card sangat berpengaruh pada kinerja android kita. Untuk itu, kalian perlu mengeceknya atau kalian boleh mem-formatnya agar kalian bisa memastikan sd card kalian masih baik-baik saja. Tetapi sebelum melakukan proses pem-formatan kalian harus mem-backup terlebih dahulu file-file kalian agar tidak hilang. Apabila ternyata sd card kalian rusak saya sarankan untuk tidak memakainya atau bisa membeli sd card yang baru. 

9. Optimalkan Google Chrome Kalian

Setiap HP android pasti memiliki google chrome, tetapi kalian tidak sadar bahwa google chrome sangat banyak menyita penyimpanan kita. Maka dari itu kita perlu mengoptimalkan google chrome kita dengan cara Klik Titik tiga yang berada di bagian pojok kanan atas kemudian pilih menu pengaturan > Advanced > dan pilih Data saver kemudian aktifkan.

10. Factory Reset Atau Instal Ulang

Bila cara diatas tidak membuahkan hasil maka cara terakhir inilah yang bisa kalian coba. Tetapi perlu diingat dengan melakukan Factory reset maka seluruh data kalian akan hilang, maka dari itu penting terlebih dahulu melakukan backup data agar data kalian tidak hilang. Cara melakukan factory reset terbilang mudah kalian cukup membuka Setting kemudian pilih menu Backup & Reset lalu kalian cari menu Factory data reset. Maka saya jamin setelah melakukan factory reset hp kalian akan kembali seperti semula atau bisa dikatakan kembali pada saat kalian baru membelinya.

Bila cara diatas semua tidak membuahkan hasil bahkan kalian sudah melakukan factory reset berulang kali maka dari itu saya menyarankan untuk membeli hp android yang memiliki spesifikasi lebih baik dan seusai dengan budget/uang kalian.

Baca Juga : 

Oke teman-teman semoga Cara Cepat Mengatasi HP Android Lemot bermanfaat bagi kalian semua dan apabila ada yang ingin memberi kritik dan sarannya silahkan kalian tuangkan di kolom komentar dibawah, terimakasih.


Post a Comment

2 Comments